Rabu, Mei 21, 2008

Ujian Nasional Berakhir, Siswa pasrah menunggu hasilnya

Ujian Nasional untuk tingkat SLTA dan SMK telah berakhir. Kini saatnya para siswa (dan para guru) degdegan menunggu hasil UN tahun ini. Semakin tingginya nilai standar kelulusan yang ditetapkan pemerintah terasa semakin memberatkan. Namun para guru tetap optimis karena telah mempersiapkan anak didiknya secara maksimal.

Berdasarkan pengalaman tahun lalu banyak siswa yang berprestasi justru gagal dalam Ujian Nasional. Hal inilah yang menjadi momok bagi setiap siswa peserta ujian nasional. Karena bukan tidak mungkin mereka gagal lulus hanya karena gagal dalam satu mata pelajaran.

Di satu sisi, niat pemerintah untuk meningkatkan standar pendidikan di Indonesia patut didukung oleh semua pihak. Namun pemerintah juga tidak boleh menutup mata jika ada kekurangan dalam sistem yang saat ini dijalankan.Pemerintah harus juga memperhatikan masukan dari berbagai pihak untuk meminimalisir ekses negatif dari sistem ujian nasional.

Kita tentu tidak berharap siswa yang merupakan bibit potensial justru patah semangatnya hanya karena sebuah sistem yang belum sempurna.


Simak laporan Rizky Basuki dari RRI PRO 1 berikut ini...
~

0 komentar:

Menurut anda, haruskah pemerintah menaikkan harga BBM?

 
© free template by uniQue menu with : CSSplay photo header : pdphoto