Senin, November 02, 2009

Ternyata Susno Duadji Pernah Temui Anggoro Widjoy


JAKARTA, KOMPAS.com - Bukan hanya ketua Komisi Pemberantasan Korupsi non Aktif (KPK) Antasari Azhar yang pernah menemui Anggoro Widjoyo tersangka kasus suap proyek pengadaan sistem radio terpadu (SKRT) di Departemen Kehutanan, Kepala Badan Reserse Kriminal Komjen Susno Duadji pun pernah menemui Anggoro di Singapura.
Ahmad Rifai, pengacara Bibit Samad Rianto dan Chandra Hamzah mengatakan Susno menemui Anggoro tanggal 10 Juli 2009 setelah Direktur PT. Eragiat tersebut ditetapkan sebagai tersangka. "Tanggal 10 Juli 2009 Susno kongkow-kongkow dengan Anggoro di Singapura," ujarnya di Gedung KPK, Jumat (2/10).
Hal tersebut, kata Ahmad, merupakan tindakan penyalahgunaan wewenang. Pasalnya pada tanggal 7 Juli 2009 KPK telah mengeluarkan surat perintah penangkapan kepada Anggoro Widjoyo. Surat yang dikirim KPK dengan Sprindik 25/01/VI/2009 tanggal 19 Juni tahun 2009 dan disertai surat perintah penangkapan no. KEP-04/P6KPK/VII/2009 bertanggal 7 Juli 2009 itu dikirim ke Kabareskrim dan Kapolda di seluruh Indonesia.
Namun sayang surat itu tidak diindahkan dan Susno menemui Anggoro. Hal tersebut, kata dia jelas merupakan bukti penyalahgunaan wewenang karena surat yang dikirimkan KPK mengacu pada pasal 12 huruf 1 UU 30/2002 sebagaimana dimaksud pasal 6 huruf c dimana pihak KPK berwenang meminta penangkapan meminta bantuan kepolisian dan instansi lain untuk melakukan penangkapan, penahanan, penggeledahan dan penyitaan dalam perkara tindak pidana korupsi yang ditanganinya. "Anggoro tidak ditangkap, Susno justru menemuinya. Ini penyalahgunaan wewenang," kata dia.
Lalu, tambah Ahmad pada tanggal 15 Juli 2009, Susno mendatangi KPK dan bertemu dengan para pimpinan KPK. Pada pertemuan tersebut, Susno mengatakan tidak ada penyuapan pada tubuh KPK "Tim kuasa hukum ada bukti pertemuan tersebut (Susno dengan Anggoro). Saat mendatangi KPK didepan pimpinan KPK Susno juga mengakui bertemu dengan Anggoro," ucapnya.

0 komentar:

Menurut anda, haruskah pemerintah menaikkan harga BBM?

 
© free template by uniQue menu with : CSSplay photo header : pdphoto